Gua Putri Di Ogan Komering Ulu Palembang

22 03 2011

Ingin merasakan petuangan alam di Palembang? Tak ada salahnya jika anda mencoba mengeksplorasi Gua Putri, sebuah goa dengan panjang sekitar 160an meter, berlebar hingga 20an meter dan tingginya sekitar 20 meter. Stalaktit dan stalakmit di dalam Gua Putri sangatlah indah, dan mengalir sebuah sungai yang merupakan anak sungai Semuhun dan bermuara di Sungai Ogan, Sumatera Selatan. Gua Putri berlokasi di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Ogan Komering Ulu.

Gua Putri saat ini sedang dibangun oleh pemerintah daerah OKU dan menelan biaya yang tidak sedikit, yaitu sampai Rp. 6 Miliar.  Pembangunan tersebut adalah untuk melengkapi sarana dan prasarana, sehingga saat ini wisatawan dapat menikmati keindahan Gua Putri dengan fasilitas yang lebih lengkap. Telah ada cottage, aula, museum, Mushola, panggung kesenian, toilet dan fasilitas pendukung lainnya.

Kawasan wisata Gua Putri memiliki luas sekitar 6 hektar. Jalan dan jembatan menuju objek wisata sepanjang 1,5 kilometer sedang dibangun. Jalan beton menuju mulut gua selebar 2 meter juga sudah dibangun dalam kondisi baik, sehingga wisatawan dengan mudah dapat masuk ke dalam gua. Tinggi gua yang relatif tinggi, membuat pengunjung Goa Putri tak perlu merangkak atau menunduk ketika berjalan di dalam gua.

Di dalam gua, penerangan sudah ada, namun karena dinding gua gelap, penerangan tak mampu menjangkau hingga sudut gua. Bau kotoran kelelawar akan terasa ketika anda memasuki mulut gua, dan banyak kelelawar bergelantungan di dalam gua. Stalaktit dan stalakmit sangat indah terlihat ketika Anda mencapai bagian tengah gua. Gemericik air sungai yang mengalir di dalam gua juga terdengar indah. Banyak yang meyakini sungai tersebut berkhasiat menyembuhkan penyakit.

Di dalam Gua Putri pernah ditemukan tulang manusia, tulang binatang dan pecahan gerabah, yang diyakini adalah peninggalan prasejarah. Selain itu, ada pula kapak batu dan beberapa perkakas kuno yang menunjukkan gua tersebut pada saat masa prasejarah dibuni oleh manusia.

Sumber : http://www.jalanjalanyuk.com/gua-putri-di-ogan-komering-ulu-palembang/


Aksi

Information

Tinggalkan komentar