Gua Selarong

22 03 2011

Gua Selarong adalah sebuah gua yang saat ini merupakan objek wisata dengan pemandangan alam yang indah serta cocok untuk digunakan sebagai bumi perkemahan. Objek ini berlokasi sekitar 14 km arah selatan Yogyakarta, tepatnya di Dukuh Kembang Putihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul dan berada di puncak bukit yang ditumbuhi banyak pohon jambu biji dan pohon sawo kecik yang merupakan ciri khas dari objek tersebut. Baca entri selengkapnya »





Goa Petruk Kebumen

22 03 2011

Gua Petruk merupakan salah Obyek wisata di Kabupaten Kebumen. Pantai Logending, dimana lokasinya berada di dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, atau sekitar 4,5 km dari Jatijajar menuju ke arah selatan.

Mendengar nama Petruk, orang tentu akan teringat nama Ponokawan anak Ki Semar yang berbadan tinggi, namun hidungnya sangat mancung. Konon, dalam cerita pewayangan, Petruk ini anak dari lelembut Banaspati yang kemudian diambil anak oleh Ki Semar dan Petruk ini dikenal mempunyai banyak akal. Baca entri selengkapnya »





Gua pamijahan, Antara Misteri dan Keindahan Alam

22 03 2011

Gua Saparwadi (yang lebih dikenal dengan nama Gua Pamijahan) terletak di kaki gunung Mujarod di desa Pamijahan, Tasikmalaya, salah satu tempat obyek wisata rohani atau tempat ziarah ketiga terbesar di Jawa Barat setelah Cirebon dan Banten (sebelum menjadi propinsi sendiri). Konon gua ini dulunya adalah tempat mukim dan mengajarnya Syech Abdul Muhyi, seorang sufi berbasis tarekat Satariyah, yang makamnya terletak di luar gua dan satu kompleks dengan gua yang juga menjadi tempat ziarah saat ini. Baca entri selengkapnya »





Gua Ngerong Tuban, Wisata Penuh Mitos

22 03 2011

Bagi Anda yang suka berwisata, tempat yang satu ini jangan terlewatkan. Gua Ngerong salah satu tempat wisata yang berada di Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban ini selain menawarkan keindahan serta adanya sumbermata air yang keluar dari dalam gua.

Adanya ikan Tawes serta kura-kura raksasa yang menghuni kolam juga menjadi daya tarik tersendiri karena hingga saat ini masih menyimpan mitos yang belum terkuak.

“Ikan dan kura-kura yang menghuni kolam tersebut merupakan jelmaan bidadari dan Senopati Kerajaan Gumenggeng yang dikutuk Dewa karena membuat kesalahan,” kata Siswihariadi, salah seorang Sesepuh Desa Rengel. Baca entri selengkapnya »





Gua Putri Di Ogan Komering Ulu Palembang

22 03 2011

Ingin merasakan petuangan alam di Palembang? Tak ada salahnya jika anda mencoba mengeksplorasi Gua Putri, sebuah goa dengan panjang sekitar 160an meter, berlebar hingga 20an meter dan tingginya sekitar 20 meter. Stalaktit dan stalakmit di dalam Gua Putri sangatlah indah, dan mengalir sebuah sungai yang merupakan anak sungai Semuhun dan bermuara di Sungai Ogan, Sumatera Selatan. Gua Putri berlokasi di Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Ogan Komering Ulu.

Gua Putri saat ini sedang dibangun oleh pemerintah daerah OKU dan menelan biaya yang tidak sedikit, yaitu sampai Rp. 6 Miliar.  Pembangunan tersebut adalah untuk melengkapi sarana dan prasarana, sehingga saat ini wisatawan dapat menikmati keindahan Gua Putri dengan fasilitas yang lebih lengkap. Telah ada cottage, aula, museum, Mushola, panggung kesenian, toilet dan fasilitas pendukung lainnya. Baca entri selengkapnya »





Pesona Alam Goa Jati Jajar

22 03 2011

Gua Jatijajar adalah sebuah tempat wisata berupa gua alam yang terletak di desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Gua ini terbentuk dari batu kapur. Gua Jatijajar mempunyai panjang dari pintu masuk ke pintu keluar sepanjang 250 meter. Lebar rata-rata 15 meter dan tinggi rata-rata 12 meter sedangkan ketebalan langit-langit rata-rata 10 meter, dan ketingian dari permukaan laut 50 meter.

Gua ini ditemukan oleh seorang petani yang memiliki tanah di atas Gua tersebut yang Bernama “Jayamenawi”. Pada suatu ketika Jayamenawi sedang mengambil rumput, kemudian jatuh kesebuah lobang, ternyata lobang itu adalah sebuah lobang ventilasi yang ada di langit-langit Gua tersebut. Lobang ini mempunyai garis tengah 4 meter dan tinggi dari tanah yang berada dibawahnya 24 meter. Baca entri selengkapnya »





Gua Lowo (Trenggalek), Obyek Wisata yang Eksotis

22 03 2011

Di daerah terpencil di Jawa bagian timur, tepatnya di Kabupaten Trenggalek, terdapat banyak sekali area wisata yang patut dikunjungi, salah satunya adalah sebuah gua. Gua tersebut,  terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, atau kurang lebih berjarak 30 km dari pusat Kota Trenggalek.

Gua ini belum tereksplorasi secara menyeluruh. Panjangnya hampir 2 km dan belum dapat ter-cover pembangunan secara maksimal. Baru sekitar 1600-an meter saja yang sudah tereksplorasi, sisanya sungguh masih sangat alami, bahkan terdapat kemungkinan gua ini dapat bertambah panjang lagi. Baca entri selengkapnya »





Gua Pawon, Objek Wisata Petualang Pemula

22 03 2011

 

BANGSA Indonesia kurang menghargai peninggalan masa lalu. Pernyataan tersebut kurang tepat. Yang lebih presisi adalah, jangankan menghargai masa lalu, bahkan masa depan pun dihancurkan. Gambaran tersebut cukup pas melukiskan keadaan Gua Pawon, gua peningggalan zaman prasejarah di Pegunungan Masigit, kurang lebih 25 km dari kota Bandung atau 8 km dari Tol Padalarang ke arah Cianjur. Meskipun berbagai pihak yang berselisih pendapat tentang keberadaan Gua Pawon telah berakhir, kenyataannya gua ini tetap telantar. Baca entri selengkapnya »