Gua Lowo (Trenggalek), Obyek Wisata yang Eksotis

22 03 2011

Di daerah terpencil di Jawa bagian timur, tepatnya di Kabupaten Trenggalek, terdapat banyak sekali area wisata yang patut dikunjungi, salah satunya adalah sebuah gua. Gua tersebut,  terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo, atau kurang lebih berjarak 30 km dari pusat Kota Trenggalek.

Gua ini belum tereksplorasi secara menyeluruh. Panjangnya hampir 2 km dan belum dapat ter-cover pembangunan secara maksimal. Baru sekitar 1600-an meter saja yang sudah tereksplorasi, sisanya sungguh masih sangat alami, bahkan terdapat kemungkinan gua ini dapat bertambah panjang lagi.

Total jumlah ruang yang telah ditemukan yakni 9 kompartemen, yang mana 7 di antaranya telah dibangun kavling jalan sebagai akses bagi pengunjung. Sungai bawah tanah sudah nampak sedari mulut gua hingga batas akhir kavling terakhir.

Ujung aliran sungai ini pun belum terlihat bahkan saat kita susur hingga di kavling terakhir, menjadikan gua ini sangat misterius. Debet aliran sungai bawah tanahnya cukup deras membuat kita menerka gua ini kemungkinan masih panjang lagi.

Berbagai macam bentuk stalagtit dan stalagmit dengan berbagai ukuran menghiasi dinding gua ini. Kecepatan pembentukan stalagtit dan stalagmit adalah berkisar 1 cm per tahun. Dapat dipastikan gua ini sudah berusia ribuan tahun. Yang menarik dan khas dari gua yang terdapat tepat di bawah hutan jati ini yakni keberadaan sarang kelelawar pada salah satu kompartemen guanya.

Kelelawar, yang dalam bahasa Jawa disebut ‘lowo’ ini menggantung di atap-atap gua dengan jumlah yang sangat banyak. Memberikan suatu sensasi mengerikan sekaligus takjub. Satu hal yang tidak dapat dilupakan ketika melewati kompartemen ini yakni bau dari kotoran kelelawar ini, yang cukup menyeruak dan menusuk.

Terasa sangat khas dan tidak bisa dilupakan. Terlihat gundukan hitam bagaikan kolam pasir halus yang terdapat tepat di bawah lantai gua tempat di mana kelelawar bersarang. Itu bukan pasir, namun gundukan kotoran kelelawar yang telah mengendap di lantai gua selama berratus, bahkan ribuan tahun lamanya!

Mungkin terasa sangat menjijikkan, tetapi terdapat rasa takjub melihat hal yang jarang ini. Di mana lagi kita bisa melihat berkilo-kilo dari gundukan kotoran kelelawar jika tidak di Gua Lowo? Belum tentu di gua-gua lain di Indonesia ada gundukan kotoran semacam itu.

Gua lowo merupakan salah satu keajaiban, walaupun belum mendunia. Namun masyarakat Trenggalek patut bangga, karena di daerahnya memiliki objek wisata yang indah dan jarang ditemui di daerah lain.

Sumber : http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=15&jd=Gua+Lowo+%28Trenggalek%29%2C+Obyek+Wisata+yang+Eksotis&dn=20101101174917


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: