Gua pamijahan, Antara Misteri dan Keindahan Alam

22 03 2011

Gua Saparwadi (yang lebih dikenal dengan nama Gua Pamijahan) terletak di kaki gunung Mujarod di desa Pamijahan, Tasikmalaya, salah satu tempat obyek wisata rohani atau tempat ziarah ketiga terbesar di Jawa Barat setelah Cirebon dan Banten (sebelum menjadi propinsi sendiri). Konon gua ini dulunya adalah tempat mukim dan mengajarnya Syech Abdul Muhyi, seorang sufi berbasis tarekat Satariyah, yang makamnya terletak di luar gua dan satu kompleks dengan gua yang juga menjadi tempat ziarah saat ini.

Banyak orang atau peziarah yang datang bilang bahwa bila lagi rezeki atau untung ketika didalam gua ini, sang peziarah bisa melihat Masjidil Haram dan Ka’bah di Makkah, Arab Saudi sana, sebuah misteri yang sampai saat ini saya belum dengar langsung dari orang yang sudah pernah mengalaminya. Diluar misteri, aktifitas dan kepercayaan sebagian besar peziarah tersebut, gua Pamijahan merupakan gua yang indah dan menakjubkan, dengan pemandangan diluar dan didalamnya yang bisa membuat kita tak henti-hentinya menyebut kebesaran dan kesucian namaNya.

Sumber : http://kfk.kompas.com/blog/view/7079-Gua-Pamijahan-Antara-Misteri-dan-Keindahan-Alam

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

